Rabu, 22 September 2010

Ai ... shiteru?


Hihi... gara2 baca postingannya Jeung Zee, Ai jadi ada ide juga nih buat nulis tentang ‘lophe2’ ...
Tapi sayangnya cerita Ai ini agak2 to the jleb gitu ... :P

Jadi gini ... ini cerita tentang seseorang yang diam2 Ai kagumi. Ai sendiri enggak menyangka bakal ketemu sama someone ini. Ditengah-tengah kesibukan Ai , dimana seringkali Ai harus ngelupain dulu yg namanya emosi, apalagi perasaan *berdeham* sayang tipe ‘eros’ (tau lah ya) dan harus selalu fokus sama apa aja yang Ai kerjain. Bukannya apa2, soale kerjaan Ai ini tuh berhubungan langsung sama manusia, jreng! Kalo meleng dikit aja bisa bahaya itu nanti jadinya.

Eniwei, mengutip lagunya BCL yang ‘Tentang Kamu’, dari awal bertemu itu sudah muncul banyaak banget pertanyaan di kepala Ai tentang someone ini. Perasaan Ai ke orang ini mungkin kayak perasaan jeung Zee ke si B yang dia ceritain itu kali ya ... bayangin aja, ketika Ai sedang terlalu amat sangat penat, bahkan kadang pas Ai bangun pagipun Ai suka ngerasa ingin nangis karena gak tau bakal jadi apa hari ini, tiba2 aja dia datang dalam kehidupan Ai .

Waktu mau ketemu orang ini, Ai udah doki2 aja ... saat itu Ai lagi berat banget pikirannya dan Ai takut kalo itu mempengaruhi sikap Ai yang harus selalu terjaga. Ternyata ... orang ini ramah banget. Begitu Ai ketemu sama orang ini ... sebut aja dia Y

Ai: hey ...
Y: hai *senyum manis banget*
Ai:  *deg deg deg deg deg... oh my ... those eyes* dengan ... Y?
Y: iya, betul

Sampai sekarang Ai masih bisa ingat JELAS BANGET senyum manisnya di pagi hari itu. Detailsnya pun bisa gw deskripsiin (tapi takut yang baca bosen, hihi). Jarang banget Ai ketemu seseorang yang bisa langsung bikin Ai merasa ceria banget pas lihat senyumnya. Matanya berbinar2 pas dia lagi senyum dan binaran di matanya itulah yang langsung bikin Ai merasakan perasaan yang sering digambarkan para penulis lagu sebagai ‘tetesan embun yang menyejukkan’

Yup. Definitely ... dia adalah embun pagi dalam kehidupan Ai *ihiii!* sejak saat itu, enggak perduli seberat apapun hari Ai, setiap kali Ai ketemu sama orang ini dan dia tersenyum apalagi ngebecandain Ai yang kadang keliatan terlalu kalem (di luar, dalam hati sih brutal *halah*), Ai selalu ngerasa happy banget. Ai selalu nunggu2 saat dimana dia tersenyums ama Ai. Kayak waktu itu, pernah dia godain Ai dengan pura2 ngomong sama seorang yang kebetulan lagi ada di deket Ai.

Y: eh, menurutmu Ai cantik ga? Cantikan mana sama cewekmu?
Ai: *pura2 gak denger, sok2 sibuk padahal dalam hati ...* kalo menurut Y sendiri gimana? Menurut Y Ai gimana?

Terus kadang kalau pas ada orang yang ngisengin Ai, dia suka keliatan ketawa geli ngeliat muka Ai yang berusaha tetep sabar dan kalem tapi keliatan banget merah kayak udang dilempar ke air panas. Trus dia pasti bilang, “ah, gara2 Ai cantik tuh!”  dan Ai paling cuma nyengir aja.

Yang jelas ... Ai benar2 menikmati perasaan di hati Ai ini ...

Tanya deh Jeung Zee dan Jeung Vhe... gimana Ai selalu curhat ke mereka tentang hal2 seperti:
“Tadi pagi dia senyum ke Ai, so happy!”
“He looks so sad today :( ada apa ya?”
“Teman2 ingetin Ai supaya bisa jaga perasaan ya ...”

Iya. Ai tetap harus jaga perasaan dan sikap Ai. Secara dia klien. Yang namanya jarak itu harus tetap ada. Itu yang selalu diwanti2 sama semua orang. Ai sih selalu jaga sikap di depan dia ... berusaha gak keliatan terlalu care berlebihan, walau kadang2 setiap ngeliat dia sedih, Ai kadang ingin duduk di sebelah dia, menggenggam tangan dia dan membiarkan dia cerita apa aja yang membebani pikiran dia ke Ai. Ai ingin dia merasa enggak sendirian.

Tapi Ai sadar kalau peranan Ai BUKAN di sana. Ai ENGGAK BOLEH seperti itu. Ai sama dia hanya sebatas klien, gak lebih. Ai hanya boleh empati, bukan simpati. Tanyalah semua orang, mereka pasti setuju.
Kalau mengutip istilahnya Dee, Ai enggak siap untuk mengalami ledakan ‘supernova’. Karena Ai enggak sanggup dengan efeknya.

Karena itu, seringkali Ai minta tolong temen Ai untuk berurusan sama dia, sementara Ai ngurusin klien yang lain. “Bagus, Ai!” kata Mama Ai waktu Ai cerita soal ini. Mama Ai setuju banget sama sikap Ai. Begitu juga 99.9% orang-orang yang Ai tanya kalau Ai cerita soal ini. Tapi walaupun mereka ngomong gitu tetep aja ... ada perasaan ‘aneh’ dalam hati Ai. Kayak seakan2 Ai mengingkari hati Ai sendiri. Tapi mau gimana lagi, coba? This is for the greater good. *sigh* inilah saat dimana otak dan hati berdebat sengit.

Ai jadi ngerasa kayak orang hipotermia. Orang hipotermia harus tetap dijaga supaya sadar, padahal dia ngantuk banget. Dia tau kalo dia tidur maka dia bisa ‘lewat’, tapi tetep aja ada perasaan untuk menyerah pada perasaan ngantuk itu dan terlelap... tanpa perduli akan konsekuensinya. Temen2 Ai di Trio Envy adalah temen2 yang hebat banget. Mereka yang ‘nampar2’ Ai supaya tetep sadar. Ai inget mereka... mereka pasti bakal sedih banget kalo Ai sampai give up begitu aja. Mereka yang selalu nyadarin Ai untuk tetap jaga perasaan, untuk tetap jaga sikap profesional, untuk banyak doa ..

Dan suatu kali, Ai akhirnya memberanikan diri untuk nanya sama seseorang di tempat Ai kerja.  Ini gak gampang, karena Ai itu introvert banget dan Ai pernah punya pengalaman beberapa kali ditusuk dari belakang. Tapi Ai percaya sama orang ini dan Ai pun nanya opini dia. Dan opini dia itulah wake up call buat Ai :
“Mendingan loe coba lupain aja. Gimanapun juga enggak enak, lah, secara dia klien kita. It won’t work. Lupain aja lah, Ai, lupain ...”

Sempat ada rasa to the JLEB pas Ai dapet wake up call itu. Yah ... kayak orang lagi bubu terus dibangunin kan pasti ada terkejut2nya kan? Sampai Ai menulis cerita ini, rasa kaget itu masih tetap ada. Rasa sakit untuk menatap kebenaran itupun masih ada. But one thing for sure:

Ai enggak menyesal mendengarnya.
Karena itulah yang Ai butuhkan saat ini ...
Ai perlu mendengar apa yang Ai butuhkan, bukan yang Ai inginkan...
Ai harus tetap terjaga ...

Enggak bakalan gampang... siapa sih yang bilang kalau mengingkari emosi itu segampang menjentikkan jari? Gimanapun juga, kita kan manusia. Tapi, Ai yakin kalau selama Ai masih ingat keluarga dan teman2 yang menaruh harapan ke Ai ... Ai bakalan terus berjuang demi mereka.

Jadi, Ai bakalan mulai melangkah ... perasaan ini akan Ai jadikan semangat dan enggak lebih dari itu. Dan Ai yakin, hidup ini kayak aliran sungai. Ai enggak bakalan pernah tau apa yang akan Ai temui di depan nanti.

But one thing for sure ... Ai yakin Ai bakal baik2 aja :) selama masih ada Jeung Zee dan Jeung Vhe. with them, everything's gonna be ok :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar