Minggu, 30 Januari 2011

Ai & Ondel-ondel

dulu pas masih kecil, Ai paling takut sama ondel2. beneran deh, denger musiknya dari jauh aja udah bisa bikin Ai pucat pasi. apalagi papasan, bisa2 Ai histeris berat sampai terompol-ompol. masalahnya, tempat Ai tinggal dulu sering dilewati pengamen ondel2...

Ai's first encounter dengan makhluk super nyeremin ini terjadi waktu Ai masih kelas 2 SD. waktu itu Ai lagi main di halaman dan tiba2 aja Ai denger suara musik jatilan kenceng dari kejauhan. Ai kirain kan topeng monyet, jadi Ai cuek2 aja, tetep main di halaman tanpa perduli. ndilalah ada suara 'permisiii ...' dan begitu Ai nengok ... jeng-jeeengg!! sesosok makhluk nyeremin bermuka menor menyeringai sambil joget2 di depan pager rumah.

from : http://www.antarafoto.com/peristiwa/v1263123604/ondel-ondel-di-jalan-raya
ps. tuh! sama mobil aja lebih gedean makhluk bernama ondel2! gimana Ai gak histeris liatnya???

itu ondel2 bener2 gak tau situasi bener dah! joget2 geal-geol bodi gitu sambil membungkuk ke arah Ai yang sempet cengok beberapa detik. okeh, Ai emang gak pernah takut sama pengamen waria, badut atau apa aja yang masih berwujud orang. Ai takut mampus sama apa aja yang wujudnya mencurigakan, dulu tiap ke taman mini dan ada reog ponorogo keliling, Ai pasti ngumpet di mobil dan gak mau keluar sampai yakin tuh reog udah pergi. lha kok ya sekarang ada makhluk horror yang nyamperin Ai di depan rumah! tidaaaaaakkkzzz!!

Ai njerit. Kakak Ai yang lagi duduk di sebelah Ai ikutan njerit dan kita berdua lagi gedubrakan masuk ke dalam rumah. histeris dahsyat deh pokoknya. di dalam rumah kita ngumpet masuk kamar dan gak mau keluar2 lagi sampai tuh ondel2 pada pergi. tinggal para babysitter aja yang geleng2 kepala sambil bawa duit gopekan ke luar rumah, sementara Ai dan kakak Ai ngumpet di bawah tempat tidur dan harus ditarik2 dulu sebelum mau keluar.

babysitter Ai yang baik bilang kalau ondel2 itu isinya orang, bukan monster, tapi babysitter Ai yang jahat malah selalu ngancem kalau Ai gak mau nurut bakal dipanggilin ondel2 *jari tengah* gimana Ai gak makin takut tuh? kamfretos.

pertemuan kedua Ai jauh lebih parah, ketika itu Ai lagi di luar rumah. lagi main2 sepatu roda sendirian ngelilingin kompleks, tiba2 aja Ai mendengar suara jatilan yang sudah sangat Ai tandain. oh sh*t! Ai mulai pucet... celingukan panik mencari dari mana asal suara jatilan itu... suara jatilannya sih masih jauh, jadi enggak bisa Ai pastiin dari mana arahnya. anak2 di sekitar Ai pada teriak2 gembira 'ondel-ondel! ondel-ondel!' sedangkan Ai mulai gemeteran.

belum habis shocknya Ai, tiba2 sosok yang sangat Ai takuti itu muncul di tikungan yang jaraknya gak sampe 10 meter dari tempat Ai berdiri. rupanya si ondel2 udah gak sabar pengen cepet dapet duit saweran, jadi dese ninggalin pada pemain musiknya di belakang. si ondel2 menatap Ai dengan sorot matanya yang menyeramkan, berjalan mendekat, mendekat dan ...

"Tuluuuunggg!!!" Ai memacu sepatu roda Ai dengan kecepatan full speed. sempet nyerempet ekor kucing dan nyenggol beberapa tong sampah. suasana kembali chaos. begitu di depan rumah, Ai mau buka pintu dan ... sompret! dikunci! Ai gedor2, tendangin deh tuh pintu sambil teriak2 panik manggil para babysitter. tetangga Ai yang bawel keluar dan ngomel2 karena Ai teriak2, tapi Ai gak perduli. begitu pintu dibuka, Ai ngibrit masuk rumah (masih dengan sepatu roda) dan sukses nyungsep di sofa. mama Ai yang baru pulang kantor cuma bisa geleng2 kepala, lalu kayaknya malam itu mama Ai ngomong ke papa Ai soal ketakutan Ai terhadap ondel2.

gak berapa lama kemudian, papa Ai yang ada di rumah nemenin Ai dan kakak Ai untuk keluar menghadapi para ondel2 yang lagi2 lewat depan rumah. kakak Ai sebagai anak sulung yang disuruh maju buat ngasih duit, sementara Ai dapet privilege ngumpet di belakang papa Ai. kakak Ai yang gemeteran aja gitu, melirik mangkel ke arah Ai yang ngumpet dibelakang babeh sambil megangin kaosnya. Ai liat kakak Ai ngasih duit ke ondel2 dengan cara ditaro di kantong depannya, si ondel2 joget2 sebagai tanda terimakasih lalu jalan lagi... Ai liat kakak Ai masih slamet. itu ondel2 gak makan orang seperti yang Ai takutin.

pelan2 rasa takut Ai pun ilang. Ai mulai berani ngasih duit ke si ondel2 kalau kebetulan mereka pada lewat di depan rumah. gak lama, Ai justru ikutan ngarak si ondel2 keliling kampung kalau dia lagi lewat depan rumah. prok prok prok horee!

hihihi, btw skarang kok gak pernah ada yah pengamen ondel2 lewat? Ai jadi kangen ngarak ondel2 lagi deh ... kalo gak inget umur ;P jangan2 malah ondel2nya yang serem kalau Ai ikutin, jiakakaka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar